Tidak ada klub yang lebih besar dari pemainnya.

Ini umumnya dipakai di klub sepakbola dengan pemain-pemain jago yang egonya gede. Kayak Neymar pas di Barcelona dan Sanchez di Arsenal, keduanya pemain bagus tapi kalau mereka minta pindah yang pindah. Klub engga perlu merengek-rengek supaya mereka mengurungkan niat. Klub tetap harus melanjutkan hidup apapun yang terjadi.

JKT48 juga bisa dianggap sebagai klub. Tingkat turnover yang kian besar tidak lantas membuat idol grup ini limbung. JKT48 harus tetap melanjutkan karirnya di belantika musik Indonesia walaupun sudah ditinggal member-member yang graduasinya tidak terduga seperti berikut ini.

Haruka Nakagawa

Haruka lagi main-main di Jepang via instagram.com/haruuuu_chan/

Haruka datang bersama dengan Aki Takajo sebagai rencana pertukaran anggota JKT48 dan AKB48. Berbeda dengan koleganya itu, walaupun Haruka kalah tenar, dia berusaha sekuat tenaga supaya bisa diterima WOTA Indonesia. Hatinya sudah berpindah ke Indonesia, beda dengan Aki Takajo yang seakan masih engga rela buat pindah ke JKT48. Alhasil, popularitasnya menanjak cepat. Haruka bahkan bisa disamakan pengaruhnya seperti anggota JKT48 Gen 1 lain seperti Shania, Nabilah dan Melody. Pengumuman kelulusannya pas Request Hour 2016 tak pelak membuat banyak WOTA kaget. Untungnya, dia masih senang berada di Indonesia. Jadi para penggemarnya masih akan sering melihat Haruka wara-wiri di TV lokal.

Jessica Veranda

Fabulous via instagram.com/jcvrnd19/

Tidak perlu basa-basi lagi, kelulusan Veranda itu bisa dianggap salah satu momen tersedih sepanjang sejarah JKT48. Kanda Fajar sampai harus buat artikel khusus setelah mendengar kelulusan Veranda. Kanda Fajar engga habis pikir, kenapa Ve mau lulus, padahal dia sedang ada di puncak karirnya di JKT48. Tapi apapun alasannya. I’ll be with you.

Elaine Hartanto

Mode muka sangar via instagram.com/elnhrtnt/

Mirip dengan kasus Veranda, Elaine juga lulus setelah dia berada di jalan yang benar. Popularitasnya cukup tinggi waktu itu. Hal itu terbukti dengan terpilihnya dia jadi center single undergirls berjudul “Value Milikku Saja.” Di team T, Elaine bisa dibilang adalah ikonnya. Setelah dipindah ke team J, Elaine digadang-gadang akan bisa menggantikan posisi Shania suatu hari nanti. Sayang, dia memilih fokus dengan pendidikan. Tidak buruk juga, karena terbuktu dia berhasil lulus dalam waktu 3,5 tahun. Congrats!!!

Zahra Yuriva

Permainan cahaya yang apik via instagram.com/zahrayrv/

Kelulusan Yuriva adalah kabar kelulusan paling mengagetkan buat WOTA. Teman Kanda Fajar pernah berujar kalau graduasi Yuriva diumumkan kurang dari 24 jam sebelum hari H. Sebelumnya, Yuriva memang sering dikabarkan jarang tampil karena masalah kesehatan. Konon, selama 1 bulan lamanay, fans Yuriva tidak melihat idolanya perform di theater. Alhasil, begitu kabar kelulusannya menyeruak, tiket theater terakhirnya sold out dengan cepat. Kanda Fajar tidak nonton konser terakhirnya jadi Kanda Fajar tidak tahu alasan Yuriva lulus dari JKT48. Tapi menurut sumber-sumber lain, sakit tulang adalah alasan yang memaksanya mundur dari JKT48. Sayang banget, ya. Padahal dia punya potensi besar buat menggantikan Kinal di masa depan. Tapi memang kesehatan adalah yang harus diutamakan.

Christy Chriselle

senyum yang manis via instagram.com/christychriselle/

Dibanding keempat nama diatas, nama Christy JKT48 mungkin lebih asing di telinga. Semasa di JKT48, Christy memang bukan member yang menonjol. Tergabung di Team T, dia kalah jauh dibanding Devi, Zahra dan bahkan Celine. Tapi tetap aja, pengumuman graduasinya cukup mengejutkan. Tidak ada tanda-tanda kalau dia akan lulus secepat ini. Lagian, dengan bentukan wajah seperti itu, tidak menutup kemungkinan kalau Christy bisa tambah populer di masa depan. Menjelang kelulusannya, Christy masih cukup sering tampil di theater, bukan kayak Nabilah yang ngilang dan tiba-tiba muncul buat mengucapkan selamat tinggal. Alasan kelulusannya adalah karena masalah kesehatan, walaupun ada rumor lain yang bilang kalau dia tersangkut skandal. Yah tapi kalau memang karena kesehatan, Kanda Fajar cuma bisa bilang menasehati supaya banyak-banyak makan 4 sehat 5 sempurna dan sering berolahraga.

Itu tadi 5 member yang kabar graduasinya bikin kaget. Oh iya, Melody belum Kanda Fajar masukin di list ini karena si teteh belum resmi graduate. Haruka dan Veranda graduate pas di puncak karir mereka di JKT48. Sementara sisanya, mereka bertiga ada di track yang tepat untuk menjadi bintang besar. Banyak WOTA malah memprediksi kalau Yuriva, Elaine dan Christy bisa menjadi tulang punggun JKT48 sepeninggal member-member legendaris macam Veranda, Kinal, Shania dll. Sayang, prediksi hanyalah prediksi. Keputusan terakhir memang ada di tangan para member. Yang bisa fans lakukan adalah terus mendukung terlepas dari seberapa mengejutkan keputusannya itu.

Categories: VVOTA

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.