Ekonomi China sekarang sedang menggurita di seluruh dunia. Dimana-mana, produk buatan China menggempur pasar global. Apalagi kalau ngomongin perusahaannya, ada banyak banget perusahaan China yang bisa head-to-head sama perusahaan dari Amerika.

Kanda Fajar pernah bahas soal HNA Group, dan bagaimana perusahaan ini begitu agresif melebarkan sayapnya ke belahan jiwa lain. Sebelum HNA Group menjadi headline di berbagai media bisnis dan keuangan, beberapa tahun belakangan, dunia juga dikejutkan dengan Alibaba, raksasa ecommerce China yang tercatat memiliki nilai IPO tertinggi di Amerika.

Ngomongin Alibaba engga lengkap tanpa ngomongin Jack Ma. Dia ini pemimpin Alibaba yang secara tampang kayak orang susah, tapi isi kepalanya brilian. Selain itu, dia juga punya pemikiran yang lain dari yang lain. Sisi uniknya ini kemudian direkam oleh asisten sekaligus sahabatnya yang bernama Chen Wei.

Karena sayang banget kalau cuma ditulis di intranet Alibaba, Chen Wei lalu membukukan kisahnya selama menemai sepak terjang Jack Ma. Di tahun 2017, bukunya Chen Wei akhirnya masuk pasar Indonesia dengan judul Jack Ma: Sisi-Sisi Tak Terduga Sang Godfather Bisnis China.

Kanda Fajar baru banget selesai baca buku itu. Dan sekarang, Kanda Fajar tahu kalau Jack Ma ini jago pidato. Makanya, di postingan kali ini Kanda Fajar akan berbagi petikan-petikan pidato Jack Ma yang menurut Kanda Fajar keren.

Ini nih Buku yang Kanda Fajar baca

Menurut Jack Ma, Berbuat Kesalahan itu Wajar

Jika saya menulis sebuah buku, saya akan menulis seribu satu kesalahan yang telah dilakukan Alibaba.

Alibaba telah melakukan semua kesalahan yang pernah dibuat oleh “toko-toko terhormat sepanjang masa.” Kami hanya mengeluarkan kaki kami dari lumpur kesalahan lebih cepat daripada perusahaan lainnya dan ini berkat jiwa perusahaan kami.

Menurut Jack Ma, Kesalahan Juga ada Batasannya

Namun, inilah kepedihan kita untuk bertumbuh. Inilah harga yang mesti kita bayar untuk mencapai kemajuan kita. Menyakitkan memang. Sangat menyakitkan! Namun, kita tidak punya pilihan lain! Kita bukanlah perusahaan yang takkan membuat kesalahan. Kita mungkin masih akan sering membuat kesalahan dalam mengambil keputusan di masa depan, tetapi kita tidak akan pernah membuat kesalahan yang melanggar prinsip perusahaan.

Menurut Jack Ma, Pendidikan Bukanlah Doktrin tapi Pencerahan

Tidak ada kelas Bahasa Inggris di sekolah dasar, selain di sekolah kami. Itu kelas percontohan bagi pengajaran Bahasa Inggris selama satu tahun, dan guru bahasa Inggris kami lulusan sastra Rusia. Dia tidak begitu menguasai Bahasa Inggris. Karena itu, setiap pagi dia ikut kelas pelatihan Bahasa Inggris sebelum mengejar kami di sore hari.

Menurut Jack Ma, Kaum Muda Harus Diberi Kesempatan Bertumbuh

Sebelum berusia 48, pekerjaan merupakan kehidupan saya. Setelah berusia 48, kehidupan saya merupakan pekerjaan saya. Saya memberi anda tuntunan yang baik dan saya berharap anda anda akan memberi tuntunan yang baik pula bagi generasi muda di masa depan. Saya berdoa agar anda bisa meninggalkan pekerjaan anda di usia 45. Dengan cara ini, bakat-bakat muda di Alibaba, bisa tahu prospek mereka. Anda bisa datang untuk mengobrol dengan saya saat anda memiliki waktu luang. Jika anda sedang punya keperluan tertentu, datangilah CEO kita.

Menurut Jack Ma, Jadi CEO itu Engga Enak

Saya rasa ini menarik untuk dijadikan bahan pencerahan bagi kaum muda. Saya memang takkan lagi menjabat sebagai CEO, tetapi saya akan tetap menjadi CKO, “Chief Knowlede Officer.” Menurut saya, itu sangat bagus. Waktu saya menjadi CEO, saya memberitahu karyawan-karyawan saya, “jangan cintai saya, dengarkan saya,” Sekarang, karena saya tak lagi memegang posisi CEO, saya bisa mengubah tuntutan saya, “jangan dengarkan saya, cintai saya.”

Menurut Jack Ma, Manusia Harus Bertanggung Jawab dengan Alam

Donasi tidak hanya akan mengubah kawasan yang terkena bencana, tetapi juga mengubah diri anda selaku donatur!

Bencana akan terus melanda negeri kita beberapa tahun belakangan ini. Saya jadi bertanya-tanya, apa yang telah terjadi kepada bumi kita? Pepohonan dan hutan layaknya rambut bumi, yang kalian pangkas dan tutupi dengan seman. Sungai-Sungai layaknya pembuluh darah bumi, yang kalian blokir satu per satu dan dari waktu ke waktu kalian lubangi dan tanamkan peledak di dalamnya. Bumi memiliki kehidupannya sendiri. Jika saya adalah bumi, sayapun akan marah dan menuntut balas.

Menurut Jack Ma, Inovasi itu Tidak Terbatas

Dalam musik hanya ada 7 not. Namun, nyatanya, jumlah musisi teramat banyak. Apa kau pernah ragu bahwa mereka sanggup menuliskan sebuah lagu baru?

Menurut Jack Ma, Kelemahan Bisa Dilihat dari Angle yang Lain

Saya punya kepala yang kecil. Namun, ada dua manfaat besar yang saya bisa dapatkan dari keadaan saya ini. Pertama, otak saya bisa berputar lebih cepat. Selagi orang lain baru sampai satu putaran, saya sudah melalui dua putaran. Kedua, saya tidak menyimpan apa-apa. Ia selalu mengosongkan diri. Jadi, jika suatu saat saya diinspeksi, orang takkan menemukan apa-apa.

Menurut Jack Ma, Keyakinan Diri itu Penting

Menciptakan kehebohan berarti memberi tahu orang lain tentang hal-hal yang anda sendiri tidak percaya, tetapi saya punya keyakinan atas apa yang saya kerjakan. Jadi, itu bukan menciptakan kehebohan, tetap memiliki semacam keyakinan.

Kamu mungkin engga ngerti kenapa Kanda Fajar nulis ini semua. Wajar aja, lha wong kamu belum baca bukunya. Rasanya pasti beda setelah kamu beli dan baca isinya. Jadi Kanda Fajar sarankan, sekarang kamu pergi ke Gramedia terdekat. Muterin rak-rak bukunya dan cari buku bisnis judulnya Jack Ma: Sisi-Sisi Tak Terduga Sang Godfather Bisnis China. Setelah kamu selesai baca, niscaya kamu akan tahu kalau Jack Ma (dan orang China pada umumnya) itu suka ngomong pakai kalimat kiasan dan butuh pemahaman lebih buat ngertiin.

By the way, buat kamu yang sudah baca, kamu bisa sharing-sharing kutipan keren yang kamu dapat lho.

Categories: Bacaan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.