Tak terasa sekarang Kanda Fajar udah masuk ke semester 7. Itu artinya, bentar lagi Kanda Fajar bisa lulus dan mulai merasakan kerasnya dunia yang sebenarnya. Menanggalkan titel “Mahasiswa” yang nanti harus berganti jadi “Sarjana”.

Tapi sebelum itu ada satu halangan yang pasti menjadi momok setiap mahasiswa di seluruh dunia. Satu halangan yang menjadi batas antara dunia pendidikan dan dunia Professional. Satu halangan yang membuat seseorang dijuluki “pengabdi kampus” karena tidak lulus lulus. Yap, halangan tadi adalah SKRIPSI.

By the way, there is another way to pass this kind of paper. It is called Business Plan. But, it seems to be more difficult to do. So, my decision comes back to thesis aka Skripsi.

3 Hari Mencari Pembimbing

Setiap skripsi itu butuh 2 hal penting: dosen pembimbing dan topik skripsi. Kalau salah satunya ga ada, niscaya kamu engga bakal bisa selesai bikinnya.

Nah, untuk faktor pertama, Kanda Fajar cuma butuh waktu 3 hari untuk memutuskan. Kanda Fajar memilih Pak Suwinto sebagai dosen pembimbing.

Awalnya, Kanda Fajar cuma iseng nge-chat Pak Suwinto lewat Whatsapp. Kebetulan beliau lagi online. Walaupun begitu, butuh sekitar 30 menit buat Kanda Fajar untuk menyiapkan kata-kata yang sesuai. Beliau ini orangnya sangat menjunjung tinggi karakter dan perilaku yang baik. Makanya, kalau nge-chat pake kata-kata yang engga pas, bisa bisa Kanda Fajar bisa kena damprat online lagi.

kata-kata mutiara via blogspot.com

Pilihan ini sebenarnya tidak populer buay angkatan Kanda Fajar. Sudah sejal lama Pak Suwinto ini dikenal killer dan susah ditaklukkan. Kamu bisa baca postingan ini untuk lebih jelasnya.

Dia punya ekspektasi yang tinggi pada setiap mahasiswa yang dia ajar. Masalahnya, sering kali ekspektasi berlawanan dengan realita.

Bisa dibilang, pemilihan Pak Suwinto sebagai dosen pembimbing itu suicide mission buat siapapun, Kanda Fajar. Di postingan sebelumnya Kanda Fajar pernah berkeluh kesah tentang bagaimana horor nya kelas Beliau.

Belum lagi ditambah fakta kalau Pak Suwinto belum terlalu mengenal Kanda Fajar. Bisa karena Kanda Fajar sendiri yang kurang cari muka (dalam artian positif) atau bisa juga karena Pak Suwinto sendiri yang tidak menaruh perhatian pada semua siswa.

Tapi, Kanda Fajar yakin kalau Pak Suwinto ini capable buat membimbing skripsi Kanda Fajar ke arah yang benar. Dia sudah banyak makan asam garam di dunia keuangan Indonesia. So, the only solution is to work harder than ever.

Topik Skripsi: Merger dan Akuisisi

ilustrasi merger dan akuisisi via dreamstime.com

Ada alasan kuat kenapa Kanda Fajar ngotot pengen Pak Suwinto jadi dosen pembimbing. Itu karena topik yang Kanda Fajar pilih adalah tentang Merger and Acquisition.

Secara lebih spesifik, Kanda Fajar terinspirasi dari berita ini dan berita ini.

Dari kedua berita tadi, kamu juga bakal sadar kalau BCA sebenarnya punya rencana akuisisi tapi engga kesampaian juga sampai tahun ini. Nah, skripsi Kanda Fajar nanti akan bercerita seputar bank-bank mana yang bisa menjadi target dari akuisisi ini. Dari kelompok bank-bank tadi, Kanda Fajar harap skripsi yang sudah dibuat dapat memprediksi secara akurat bank yang menjadi target dan dampaknya kepada operasional dan finansial bank BCA.

Doesn’t it looks challenging and interesting?

Beyond that, I hope I can finish it on time.

Important Announcement

Di akhir Blog post ini, Kanda Fajar mau kasi tahu pengumuman penting.

Jadi gini ceritanya. Dengan semangat berbagi dan sedikit sombong yang tinggi, Kanda Fajar berencana membuat semacam jurnal yang memuat progress bacaan Kanda Fajar terkait Merger and Acquisition. Selain berguna untuk Kanda Fajar review kembali nantinya, jurnal ini akan bermanfaat orang lain yang mungkin akan mengambil topik serupa.

Jurnal bacaan ini akan terangkum dalam seri Road to Thesis. Oh iya, seri ini akan 100% dalam bahasa Inggris. Itulah mengapa seri ini tidak akan tampil disini, melainkan di halaman medium pribadi Kanda Fajar.

Postingan di Medium ini bisa kamu akses lewat link ini atau dari menu “Visit Medium” yang ada di menu bar diatas.

In conclusion, Kanda Fajar mau mengucapkan Good Luck buat semua mahasiswa semester 7 atau semester berapapun yang akan megerjakan skripsi kayak Kanda Fajar ini. Selamat berusaha dan semoga kita semua bisa lulus tepat waktu sesuai rencana.

 

 

Categories: Curhat Opini

Leave a Reply