Sebelumnya Kanda Fajar mau minta maaf karena engga sempat nge-post sesuai jadwal. Kesibukan bikin skripsi dan ujian membuat Kanda Fajar engga punya waktu buat nulis.

Hari ini, exam Kanda Fajar udahan. Well, masih ada satu lagi, sih tapi yang terakhir itu terbilang lebih mudah. Unfortunately, Kanda Fajar engga begitu yakin sama exam tadi. School life sometimes sucks.

Kanda Fajar kecewa dan marah sama diri sendiri. Dalam kekecewaan itu, Kanda Fajar mencoba menghibur diri dengan nonton film. Pilihannya jatuh ke judul The Greatest Showman. Surprisingly, it relieves my stress!

Sinopsis

Film ini berpusat pada P.T Barnum, seorang dengan imajinasi besar yang terkungkung dalam himpitan hidup. Dia suka mengekspresikan dirinya tapi hidup memaksanya bekerja di balik meja melakukan kegiatan yang monoton. Saat perusahaan bankrut, Barnum punya ide untuk bikin bisnis.

Barnum dan rombongan sirkusnya via colourlessopinions.com

Dengan pinjaman bank, dia mencicil sebuah museum bekas. Dia menawarkan tiket masuk bagi penonton tapi pembelinya cuma istrinya, Charity, dan kedua anaknya. Di satu malam, sebelum tidur, Barnum mendapat saran penting dari anaknya. Bisnis museumnya pivot jadi bisnis sirkus.

Uniknya, dia mengumpulkan orang-orang aneh dan freaks sebagai penampilnya. Mulai dari cewek gendut yang berjenggot tapi jago nyanyi, orang tertinggi, orang tergendut, orang terpendek, pokoknya yang aneh-aneh dia kumpulin semualah.

Jenny Lind, cakepnya kebangetannn via herald.ie

Tidak disangka, banyak orang menyukai pertunjukan Barnum. Tapi popularitas tidak berbanding lurus dengan kritik. Pertunjukan sirkusnya dikritik habis sama Mr. Barnett si kritikus. Orang-orang sekitar juga engga suka karena Barnum mempekerjakan orang-orang aneh. Barnum tidak peduli dengan hal itu. Dia tetap fokus dengan bisnisnya. Alhasil, dia jadi kaya,…… Dan lupa diri.

Karena dikritik terus, Barnum mulai bikin pertunjukan penyanyi opera. Dengan bantuan salah satu anggotanya, Philip, Barnum mengajak salah satu penyanyi opera paling terkenal di Eropa, Jenny Lind, buat tampil di New York. Pertunjukannya sukses besar. Dia juga dipuji-puji Mr. Barnett. Hal itu membuatnya hilang fokus. Dia melupakan sirkusnya yang lama dan lebih suka tur sama Jenny.

Barnum selalu semangat ngajak orang gabung sirkusnya via rogerebert.com

Barnum akhirnya sadar akan kesalahannya. Dia balik lagi ke Sirkus lamanya. Pedihnya, sirkus lamanya hangus terbakar. Kekayaannya raib dan rumahnya disita bank. Barnum juga diterpa isu miring dengan Jenny. Jenny membatalkan turnya sepihak, padahal hampir seluruh keuntungan sirkus diinvestasikan ke opera Jenny. Karena isu skandal itu juga, Charity memilih pulang ke rumah orang tuanya dan meninggalkan Barnum sendirian.

Barnum selalu bangkit via bernardgolden.com

Tapi Barnum tidak pernah sendirian. Dia didukung pemain-pemain sirkusnya yang telah menjadi keluarga. Mereka merasa cuma Barnum yang mau menerima mereka apa adanya, bahkan saat keluarga mereka pun menolak keberadaan mereka. Barnum dan Philip pun membangun ulang sirkus dari awal. Mereka tidak lagi menyewa tempat. Instead, mereka memakai tenda besar di tanah dekat dermaga sebagai tempat show-nya.

Impression

The Greatest Showman is goddamn good!

Penyematan kata greatest beneran menunjukkan kualitas film ini. Ceritanya ringan, konfliknya engga kompleks, hanya saja visualisasinya megah, penceritaannya sederhana tapi relatable banget.

Kanda Fajar yang tadi merasa down seakan dapat semangat baru. Barnum bisa bangkit setelah satu kesialan yang membuatnya kehilangan uang, keluarga dan popularitasnya. Dia engga larut dalam penyesalan dan mengasihani diri sendiri. He stands up for his dreams. This is what makes him a greatest showman.

Buat lagu-lagunya, ada beberapa yang enak banget didengerin. Ada From Now On, This is Me, Come Alive dan the one and only Rewrite the Stars. Kanda Fajar aja langsung simpen lagunya di Spotify. Khusus untuk Rewrite the Stars, Zac Efron sama Zendaya dapat banget sih chemistry-nya. Keren.

Kanda Fajar sempat mengira kalau ini buatan Disney. Tapi ternyata The Greatest Showman itu buatan 20 Century Fox. Mungkin ini akibat akuisisi kemarin kali ya.

Categories: Movie

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.